Mungkinkah Ini Alasan Anda Merasa Lelah Sepanjang Waktu?

Apakah Anda lelah dan tidak tahu mengapa? Berbagai faktor dapat menyebabkan kelelahan, termasuk salah mengira kelelahan umum sebagai kelelahan. Kelelahan adalah rasa lelah yang tidak dapat dijelaskan, terus menerus, berulang, dan mempengaruhi kinerja aktivitas sehari-hari. Perasaan itu mirip dengan kurang tidur atau kelelahan saat melawan flu. Penyebab kelelahan dan kelelahan meliputi masalah kesehatan secara keseluruhan, stres, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan masalah medis yang mendasarinya.

Bagaimana Kesehatan Anda Secara Keseluruhan?

Kurang Tidur

Mungkin alasan paling jelas untuk merasa lelah adalah kurang tidur. Orang dewasa membutuhkan sekitar tujuh jam tidur setiap malam agar tubuh mereka berfungsi secara efisien. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda tetap pada jalur siklus tidur Anda:

  • Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini termasuk akhir pekan dan hari libur kerja.
  • Hindari tidur siang. Menangkap lebih banyak zzz membuang pola tidur Anda yang biasa.
  • Minimalkan waktu Anda berbaring terjaga di tempat tidur. Jika Anda merasa ini menjadi tantangan, bangun dan membaca atau hanya duduk diam di ruangan lain dapat membantu memicu kantuk.
  • Kurangi kafein. Kurangi asupan kafein Anda, dan jangan mengonsumsi minuman berkafein di sore hari.
  • Hindari tembakau dan alkohol sebelum tidur. Zat-zat ini akan sering menyebabkan tidur yang terfragmentasi jika Anda menggunakannya sebelum pergi tidur.
  • Sesuaikan kondisi kamar Anda. Pastikan kamar tidur Anda senyap mungkin, gelap, dan pada suhu yang nyaman untuk Anda.

Diet

Memiliki diet yang seimbang adalah kunci untuk merasa lebih energik. Kesenjangan nutrisi menyebabkan berbagai tingkat kelelahan, serta makan berlebihan atau kurang makan. Berbagai komponen diet Anda dapat menyebabkan kelelahan, tetapi berikut beberapa tip dasar yang perlu diingat saat Anda memikirkan makanan yang akan datang:

  • Pertimbangkan kalori Anda. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, usia, berat badan, dan lainnya. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi Anda tentang tingkat kalori yang sehat untuk kebutuhan spesifik Anda.
  • Buat piring warna-warni. Berfokuslah untuk mengisi sebagian besar piring Anda dengan buah dan sayuran, kemudian renungkan karbohidrat yang Anda makan. Pastikan Anda makan biji-bijian seperti nasi merah, oatmeal, dan roti gandum. Sisa piring Anda harus berupa protein. Daging dan unggas tanpa lemak kaya akan omega-3 dan lebih rendah lemak.
  • Jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapan adalah makanan yang menjadi bahan bakar tubuh Anda sepanjang hari. Melewatkan sarapan pagi akan membuat Anda kehilangan nutrisi penting.
  • H2O adalah temanmu. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, tetapi minum lebih banyak air dapat membantu mencegah masalah ini.

Gaya Hidup

Tetap aktif sangat penting untuk mencegah kelelahan. Sebuah studi oleh University of Georgia di Athena membuktikan bahwa berpartisipasi dalam olahraga tingkat sedang hingga intens selama 20 menit meningkatkan energi lebih dari sekadar duduk diam. Sekolah juga menemukan bahwa ketika orang yang tidak banyak bergerak melakukan latihan fisik secara teratur, kelelahan dan keletihan mereka meningkat lebih dari mereka yang tidak. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S., orang dewasa harus berusaha untuk berolahraga selama 2 jam 30 menit setiap minggu selama dua hari atau lebih per minggu. Meskipun ini mungkin tampak memakan waktu yang lama, Anda tidak perlu menyendiri hanya untuk dua hari. Anda dapat membagi waktu latihan menjadi lebih banyak hari jika Anda mau. Mengikuti pedoman ini memiliki potensi besar untuk mengurangi kelelahan.

Seberapa Stres Anda?

Setiap orang memiliki penyebab stres dalam hidup mereka, tetapi tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan terkadang penyakit. Contoh stres ekstrem dapat dikaitkan dengan komplikasi hubungan, peristiwa besar dalam hidup, pindah ke lokasi lain, dan pengangguran. Stres dalam jumlah besar mendorong tubuh membuat lebih banyak bahan kimia “melawan atau lari” yang penting untuk mempersiapkan tubuh menghadapi situasi darurat. Ini adalah proses yang sangat melelahkan bagi tubuh manusia, seringkali menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan migrain. Pertimbangkan untuk memasukkan beberapa tip berikut untuk menurunkan tingkat stres Anda:

  • Buat jurnal. Tuliskan detail tentang bagaimana perasaan Anda dan bagaimana Anda percaya hal itu terkait dengan aktivitas sehari-hari Anda. Ini akan membantu mengidentifikasi kesamaan dan pola di antara berbagai penyebab stres.
  • Komunikasi adalah kuncinya. Pelajari bagaimana mengekspresikan perasaan Anda, terutama kepada mereka yang menyebabkan stres Anda yang berlebihan. Jauh lebih sehat untuk menghindari memendam emosi.
  • Terimalah bahwa Anda tidak dapat mengubah segalanya. Beberapa penyebab stres berada di luar kendali Anda dan tidak dapat dihindari. Sakit atau kematian orang yang dicintai adalah contoh peristiwa yang dapat menyebabkan banyak stres dalam waktu lama. Mencari bantuan dan mempelajari mekanisme koping baru adalah kunci ketika menghadapi keadaan seperti itu.
  • Cari tahu sumbernya. Sampai Anda mengetahui apa yang menyebabkan stres Anda, akan sulit bahkan tidak mungkin untuk menurunkan tingkat stres Anda. Jika Anda sendiri merasa kesulitan, pertimbangkan untuk berbicara dengan konselor atau psikiater untuk membantu Anda menemukan masalah yang mendasarinya.
  • Bicaralah dengan profesional medis. Terutama jika stres Anda tampaknya tidak terkendali atau menyebabkan masalah kesehatan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menemukan solusi yang khusus untuk Anda.

Apakah Anda Mengalami Tanda dan Gejala Lain?

Selalu ikuti janji dengan dokter Anda untuk memastikan masalah kesehatan yang mendasarinya diketahui sejak dini. Beberapa masalah kesehatan yang umum termasuk kelelahan sebagai gejala atau efek samping. Kondisi umum yang termasuk kelelahan sebagai gejala adalah:

Kekurangan Vitamin dan Mineral

Bahkan jika Anda mengubah gaya hidup dan memperbaiki pola makan, Anda masih bisa kehilangan beberapa nutrisi penting. Terkadang masalah bisa diperbaiki dengan memasukkan multivitamin harian ke dalam rejimen Anda. Di lain waktu, dokter Anda mungkin meminta Anda mengambil tindakan yang spesifik untuk kasus Anda. Konsultasikan dengan ahli medis atau ahli gizi sebelum Anda memulai rencana diet apa pun untuk memastikan Anda mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat.

Depresi dan Kecemasan

Meskipun kadang-kadang merasa sedih atau kesal itu wajar, tidak normal jika perasaan ini bertahan dari hari ke hari. Suasana hati Anda yang kesal tergolong depresi jika gejalanya berlangsung setidaknya dua minggu terus menerus dan memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Jika perasaan ini menyebabkan kegugupan yang parah, kekhawatiran, dan ketakutan, kondisi tersebut juga dapat dianggap sebagai kasus kecemasan. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda yakin memiliki tanda-tanda depresi atau kecemasan. Mereka akan mengirim Anda ke profesional yang tepat, memberi Anda rencana untuk melewati kondisi tersebut, dan meresepkan pilihan perawatan yang tepat.

Sindrom Kelelahan Kronis

Kondisi ini menyebabkan kelelahan yang parah tetapi tidak hilang dengan istirahat. Sindrom kelelahan kronis (CFS) juga tidak diyakini disebabkan oleh kondisi medis lain. Jadi apa yang terbukti tentang CFS?

Meski penyebabnya belum ditemukan, fakta-fakta yang diketahui tentang sindroma ini:

  • Gejala berlangsung setidaknya enam bulan
  • CFS menyebabkan tantangan dengan fungsi sehari-hari seperti tugas rumah dan pekerjaan.
  • Kelompok usia yang paling umum terkena adalah usia 30-50 tahun.
  • Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan CFS dibandingkan pria.
  • Anak-anak dan remaja biasanya tidak terpengaruh oleh kondisi tersebut.

Kondisi medis lain yang menyebabkan kelelahan:

  • Tiroid kurang aktif
  • Diabetes
  • Kehamilan
  • Penyakit jantung
  • Intoleransi makanan
  • Anemia
  • Demam kelenjar
  • Infeksi saluran kemih

Secara keseluruhan, kelelahan dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, perubahan pola makan, menciptakan pola tidur yang konsisten, dan meningkatkan tingkat aktivitas Anda. Namun, jika perubahan ini tidak meningkatkan tingkat energi Anda, Anda mungkin mengalami kelelahan. Kelelahan sering kali terkait dengan masalah mendasar dan masalah medis seperti dehidrasi, kekurangan vitamin, depresi atau kecemasan, CFS, dan banyak lagi. Selalu beri tahu dokter Anda setiap saat, terutama jika Anda membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan kasus kelelahan Anda.