Jaga Kulit Anda Aman Dari 3 Jenis Kanker Ini

Saat kita mendekati musim panas, puncak paparan sinar matahari setiap hari, penting untuk tetap waspada tentang kulit kita. Sekitar 3.3 juta orang di Amerika menderita kanker kulit. Jumlah kasus yang didiagnosis terus meningkat, kemungkinan besar karena teknologi pendeteksian kanker yang lebih baik. Jika tidak diobati, kanker kulit bisa berakibat fatal. Kanker kulit, termasuk melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa, sering kali dimulai sebagai perubahan pada kulit Anda. Menyadari perubahan lebih awal bisa menyelamatkan nyawa! Mari kita lihat lebih dekat apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap aman.

Bagaimana Kanker Menyebabkan Kerusakan?

Kanker terjadi ketika sel-sel normal berubah, tumbuh, dan berkembang biak secara tidak normal. Saat sel berkembang biak, mereka membentuk massa yang disebut tumor. Tumor hanya bersifat kanker jika bersifat ganas, artinya menyerang jaringan di sekitarnya. Mereka membanjiri jaringan ini dengan menyerang ruang mereka dan mencuri oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup dan berfungsi. Tumor juga bisa menyebar ke organ vital melalui aliran darah.

3 Kanker Kulit

Karsinoma Sel Basal (BCC)

Ada alasan mengapa orang tua Anda membuat Anda memakai tabir surya sebagai seorang anak. Karsinoma sel basal dan kanker kulit sel skuamosa tumbuh di bagian kulit Anda yang menerima banyak sinar matahari. Karsinoma sel basal biasanya tumbuh perlahan dan sering tidak muncul selama bertahun-tahun setelah paparan sinar matahari yang intens. Penyebab utama BCC adalah sinar ultraviolet dari matahari atau tanning bed. Kanker ini tidak mungkin menyebar dari kulit Anda ke bagian lain dari tubuh Anda. Jika diketahui lebih awal, pengobatan yang efektif dapat mencegah kerusakan BCC.

Karsinoma Sel Skuamosa (SCC)

Juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, SCC adalah bentuk kanker kulit kedua yang paling umum. Meskipun pertumbuhannya cukup lambat, penyakit ini dapat menyebar ke jaringan, tulang, dan kelenjar getah bening di sekitarnya, sehingga sulit diobati. Semakin dini kanker terdeteksi, semakin mudah diobati. Hal-hal tertentu membuat Anda lebih mungkin mengembangkan SCC termasuk:

  • Usia lebih tua
  • Laki-laki
  • Berkulit putih
  • Mata biru, hijau, atau abu-abu
  • Rambut pirang atau merah
  • Paparan sinar matahari atau penggunaan tempat tidur penyamakan
  • Paparan bahan kimia dalam jangka panjang seperti arsenik di dalam air
  • Penyakit Bowen, HPV, HIV, atau AIDS
  • Terkena radiasi
  • Kondisi DNA yang diturunkan

Melanoma

Jenis kanker kulit ini adalah yang paling tidak umum dari tiga jenis utama tetapi juga yang paling berbahaya. Melanoma ganas bisa sulit diobati. Diagnosis dan pengobatan dini dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dari melanoma.

Apa Gejalanya?

Perhatikan bagian yang tidak teratur atau perubahan pada kulit Anda. Terkadang ini mungkin tampak seperti tahi lalat. Anda mungkin juga melihat pertumbuhan dengan pembuluh darah di dalamnya. Bintik tersebut bisa berwarna merah muda, coklat, atau hitam. Karsinoma sel basal awalnya muncul seperti benjolan kecil yang terlihat mirip dengan tahi lalat atau jerawat berwarna daging yang tidak kunjung sembuh. Sebuah bercak bersisik merah muda gelap atau mengkilap mungkin muncul. Gejala lain yang harus diwaspadai adalah tempat keras di kulit Anda yang mudah berdarah. ABCDE kanker kulit adalah model yang bagus untuk diikuti saat menentukan perubahan pada kulit Anda:

  • Asimetri – Satu sisi berbeda dari yang lain.
  • Ketidakteraturan batas – Tanda memiliki tepi yang tidak rata.
  • Warna – Melanoma sering merupakan campuran hitam, cokelat, biru, merah, atau putih.
  • Diameter – Seberapa besar tandanya?
  • Evolusi – Apakah itu berubah seiring waktu?

Yang Dapat Anda Lakukan untuk Tetap Aman!

Selalu lakukan tindakan pencegahan seperti mengoleskan tabir surya, hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama, dan pastikan untuk memeriksa kulit Anda dari kelainan. Kanker paling baik diobati jika terdeteksi lebih awal. Segera setelah Anda melihat kelainan kulit, konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan, tes untuk menentukan apakah kelainan tersebut adalah kanker. Dokter Anda akan mendiskusikan pilihan pengobatan terbaik dengan Anda jika hasil tesnya positif.