Kenali Tanda Tidak Pasti Kehamilan

Kehamilan merupakan kondisi adanya janin yang sedang tumbuh di dalam rahim. Beberapa tanda bisa mengindikasikan adanya kehamilan secara pasti, namun ada juga beberapa tanda tidak pasti kehamilan yang seringkali tidak diketahui. Beberapa tanda kehamilan seringkali hampir sama dengan tanda akan datangnya menstruasi. Berdasarkan hal itu, maka penting bagi kita untuk mengetahui apa saja tanda tidak pasti kehamilan, seperti yang di jelaskan dalam uraian berikut ini.

Beberapa Tanda Tidak Pasti Kehamilan

Kehamilan merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi seorang wanita yang mendambakan kehadiran buah hatinya. Agar bisa mempersiapkan kehamilan dengan baik maka mengetahui tanda kehamilan menjadi hal yang sangat penting sehingga bisa melakukan berbagai upaya untuk mendukung tumbuh kembang janin yang sedang dikandung. Namun ada kalanya tanda kehamilan menjadi tidak pasti karena perubahan hormon di awal kehamilan juga hampir mirip dengan kondisi pra menstruasi. Oleh karena itu perlu diketahui tanda tidak pasti kehamilan seperti berikut ini:

1. Terlambat datang bulan

Kondisi terlambat datang bulan menjadi satu hal yang pasti dialami oleh wanita hamil, meskipun begitu kondisi terlambat bulan bisa juga dialami oleh wanita yang memiliki siklus menstruasi yang panjang, atau bisa juga terlambat datang bulan sebagai akibat adanya stress, kelelahan maupun gangguan hormonal.

2. Mual

Hampir 50% wanita hamil mengalami kondisi mual di awal kehamilannya, meskipun begitu kondisi mual bisa juga dialami oleh wanita yang mengalami gangguan penyakit tertentu, seperti gangguan pencernaan, masuk angin dll.

3. Ngidam

Ngidam merupakan kondisi ketika wanita hamil menginginkan suatu hal, bisa makanan, minuman ataupun hal lain. Meski sering dialami oleh wanita hamil, namun kondisi tersebut bukan menjadi tanda pasti kehamilan.

4. Payudara membesar

Pada masa kehamilan payudara seorang wanita akan membesar karena kelenjar susu mempersiapkan produksi ASI, namun kondisi payudara yang membesar juga bisa dialami oleh wanita menjelang menstruasi akibat adanya perubahan hormonal.

5. Varises

Meskipun beberapa kasus disebutkan adanya varises pada wanita hamil, namun hal ini bukanlah merupakan tanda pasti kehamilan, karena varises bisa dialami oleh wanita yang tidak hamil.

6. Keputihan

Pada kehamilan seringkali disertai dengan gejala keputihan, namun keputihan juga bisa dialami oleh wanita menjelang menstruasi karena perubahan hormonal. Keputihan juga bisa terjadi akibat tingkat stress yang tinggi maupun kelelahan.

7. Kontraksi rahim

Meskipun pada kehamilan sering disertai dengan kondisi rahim yang berkontraksi, namun kondisi tersebut belum pasti sebagai tanda kehamilan, karena pada waniat yang akan menstruasi juga sering mengalami gejala yang sama.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tanda tidak pasti kehamilan, semoga bermanfaat.